SEJARAH SMKN 1 AMLAPURA

SMK Negeri 1 Amlapura merupakan unit sekolah baru (USB) di kota Amlapura. Sekolah yang berada pada lokasi yang sangat strategis yaitu di Jalan Veteran, Padangkerta, Karangasem (sebelah stadion olahraga Karangasem). Sekolah ini resmi beroperasi berdasarkan nota kesepahaman (MoU) Nomor: 036/D3.4/KU/2013 antara Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Ir. Anang Tjahjono, M.T dan Bupati Karangasem, I Wayan Geredeg, S.H serta Surat Perjanjian Kerjasama Nomor: 016/D3.4/Kep/KU/2013 antara Kepala Seksi Sarana Direktorat Pembinaan SMK, Ir. Nur Widyani, MM dan Ketua Tim Pendiri USB SMK Negeri 1 Amlapura, I Wayan Artana, S.Pd., M.Pd.

Pada awal berdiri (tahun pelajaran 2013/2014), SMK Negeri 1 Amlapura sudah menerima peserta didik dengan membuka 3 program dan 3 paket keahlian  yaitu (1) Kesehatan: Keperawatan, (2) Pariwisata: Akomodasi Perhotelan dan (3) Teknik Otomotif: Teknik Kendaraan Ringan. Animo lulusan SMP untuk melanjutkan ke SMK sangat tinggi dengan jumlah peserta didik angkatan pertama adalah 218 orang yang dibagi menjadi 7 rombongan belajar. Pada tahun 2014/2015, minat peserta didik SMP untuk melanjutkan pendidikan di SMK Negeri 1 Amlapura kembali mengalami peningkatan sehingga jumlah rombongan belajar diperbanyak yaitu menjadi 8 rombongan belajar dengan peserta didik sebanyak 406 orang.

Tingginya animo peserta didik SMP untuk melanjutkan ke SMK menyebabkan SMK Negeri 1 Amlapura mengembangkan paket keahlian baru sehingga pada tahun pelajaran 2015/2016 membuka 5 paket keahlian yaitu (1) Keperawatan, (2) Akomodasi perhotelan, (3) Jasa Boga, (4) Teknik Kendaraan Ringan dan (5) Teknik Sepeda Motor. Penambahan paket keahlian ini pun tidak serta merta dapat menampung semua lulusan SMP yang mendaftar karena dari 641 orang peserta didik hanya bisa diterima sebanyak 439 orang yang terbagi menjadi 12 rombongan belajar. Asal siswa pun beragam dari 8 kecamatan di Kabupaten Karangasem, yaitu Kecamatan Karangasem, Bebandem, Abang, Manggis, Kubu, Selat, Rendang dan Sidemen. SMK Negeri 1 Amlapura kini menjadi SMK pilihan terfavorit bagi lulusan SMP/MTs/sederajat di Kabupaten Karangasem.