Karangasem13/4/2022_Sebagai salah satu upaya untuk terus bersinergi dengan dunia pendidikan untuk mencetak SDM unggul dan siap terjun di dunia kerja, Astra Motor Bali kembali menggelar Kontes Kreativitas Pembelajaran Online untuk guru SMK.
Kegiatan yang dilaksanakan selama Tiga hari, Kamis s/d Sabtu, (24-26/2/2022), diikuti oleh 9 peserta yang berasal dari guru SMK yang merupakan guru produktif dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) wilayah Bali yang telah  mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda yang sudah mengikuti Pelatihan Guru Modul Dasar.
Dengan semangat kompetisi, 9 SMK Jurusan TBSM Astra Honda yang mengikuti kegiatan ini adalah SMK Negeri 1 Amlapura, SMK Negeri 1 Manggis, SMK Negeri 1 Klungkung, SMK Rekayasa Denpasar, SMK Negeri 1 Denpasar, SMK PGRI 2 Badung, SMK Negeri 2 Negara, SMK Negeri 1 Gerokgak dan SMK Negeri 3 Singaraja. Para guru ini berlomba menyajikan materi pembelajaran dan praktek teknikal yang menarik secara online.
SMKN 1 Amlapura memborong juara lomba pembelajaran online tingkat regional Bali yang digelar oleh PT. Astra Motor. Lomba yang digelar  secara online dilaksanakan pada hari Sabtu (26/2) lalu, yang diikuti oleh  Guru mata pelajaran otomotif atas nama I Kadek Soka SPd, yang ikut berpatisipasi dalam rangka meramaikan lomba kontes kreativitas Pembelajaran Online guru  2022 secara live sedangkan siswa yang mengirim video pembelajaran ke panitia. Kepala sekolah SMKN 1 Amlapura, I Wayan Artana, mengungkapkan, lomba yang melibatkan guru dengan tema kreativitas belajar di masa pandemi Covid-19. Lomba yang digelar oleh Astra Motor ini melibatkan 9 SMK, Termasuk SMK  Negeri 1 Amlapura. Lomba yang diselenggarakan dalam pembelajaran untuk guru menggunakan sistem OBS atau (open broadcast system). Pada Saat lomba, Kadek Soka yang dibantu oleh para Tim Teknis I Gede Wedayana Nida dan beserta kameramennya yang berjumlah 4 orang selalu siap. “dalam ajang Lomba tersebut Vidio tersebut berdurasi kurang lebih 20 menit, dan materi yang akan dibawakan tentang ACG starter (alternating current generator) yakni starter sepeda motor yang tidak berbunyi. Guru dapat mempresentasikan bahan ajar yang disertai gerak tubuh yg sesuai dengan materi yg akan dijelaskan yang dibawakan. “Kalau tidak menguasai materi, tidak mungkin seirama dengan gerak tubuhnya,” ungkap mantan Kepala sekolah SMKN Manggis. Dijelaskan, Kadek Soka menjadi juara I lomba kreatifitas dalam ajang pembelajaran online guru 2022 dengan jumlah skor yg diraih adalah 488. Awalnya Kadek Soka sangat ragu-ragu saat ditunjuk untuk ikut serta mewakili sekolah ikut ajang lomba lomba. “Setelah tiga hari melakukan persiapan, ternyata hasilnya  sangat memuaskan sehingga membuat pak Soka serta para kameramennya terkejut,” ungkap Kadek Soka.

Penulis : Sani Pratiwi & Ammara Editor : Wedayana